Cluster Mkios, yang dirugikan dan yang rugi?

Mkios kembali membuat kebijakan yang luar biasa, yaitu Hard Cluster (pembatasan Regional) yang lebih diperkecil. tapi hal ini masih menjadi tanya besar, jika Hard cluster ini diberlakukan siapakah yang dirugikan?

Diakui atau tidak sejak handpone lahir, banyak orang yang mengambil kesempatan untuk mengambil keuntungan dari bisnis yang bersangkutan dengan handpone, mulai dari accecories, ringtone, jual beli hp baru & second sampai bisnis isi ulang pulsa.

Diantara bisnis handpone bisnis isi ulang pulsa adalah yang paling banyak digeluti masyarakat indonesia, sehingga keberadaan konter isi ulang tidak terbendung, begitu pulsa dengan server pulsa yang hanya bermain di bisnis isi ulangnya, tapi sejak muncul kebijakan regionalisasi server pulsa sering ketar-ketir menghadapi kebijakan operator yang tidak jelas tujuannya apa dan sekarang dipersempit lagi menjadi cluster, Siapa yang dirugikan dengan kebijakan ini..??? Secara garis besar ada 3 kelompok yang berperan penting di bisnis isi ulang dan masing-masing mendapat dampak kerugian, yakni:

1. Operator Telkomsel: Telkomsel dalam hal ini punya hak penuh pada chip isi ulangnya MKIOS, sebenarnya semua operator saat ini berlomba-lomba mencari pelanggan, sehingga banyak iklan-iklan nyeleneh dari saingan sendiri, katanya nelepon gratis, internet gratis, sms gratis, tujuan semuanya untuk memanjakan pelanggan, tapi apakah mereka menyadari jika mereka menerapkan cluster banyak pelanggan ganti kartu akibat tidak bisa isi ulang ketika dia pergi jalan-jalan, pulang kampung tiba-tiba ingin isi pulsa sikonter jawab “maaf bukan cluster kami”.

Authorized Dealer adalah penyalur resmi isi ulang MKIOS, perdana, voucher ke konter-konter, saat ini mereka masih bebas mencari pelanggan asalkan masih diregionalnya, mereka masih bisa mencari pelanggan dengan iming-iming harga murah, bagaimana jika cluster diberlakukan? si AD hanya bisa menjual didaerahnya yang sangat sempit, jika selama ini barang banjir bisa dilempar ke kota sebelah yang mampu ngabisin stok, jika cluster apakah mereka bisa melakukan itu? mampukan konter menghabiskan stoknya? kita lihat aja nanti, apalagi dengan cluster ini banyak isu AD di tendang abis sama telkomsel tidak bisa beroperasi lagi alias tutup usaha.

Server Pulsa yang dikenal pengusaha illegal dari operator yang tidak punya hak sebagai jalur distribusi, tapi sering dijadikan ujung tombak untuk memajukan operator yang belum maju, dan kambing hitam bagi dealer operator yang sudah berkembang. bagaimana jik kebijakan cluster diberlakukan, jelasnya pasti bingung, tapi tunggu dulu, pemain server biasanya banyak cara mengakali jalan keluar terbebas dari aturan, apakah cluster nanti bisa selamat, lihat aja nanti yang jelas pengusaha server tetap dirugikan tapi tidak satu jalan ke roma dan operator lain masih banyak yang kasih barang. Tetap semangat pantang menyerah…!!

Iklan

~ oleh deeinside pada 13/01/2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: