Bakar Kalori dg Permainan Sudoku

Tak perlu susah-susah pergi ke tempat fitness untuk bisa tampil langsing. Cukup dengan bermain sudoku saja. Menurut para peneliti, bermain sudoku selama satu jam bisa membakar energi hingga 90 kalori. Diet sudoku dipercaya bisa membuat tubuh tetap langsing.

Nama ‘Sudoku’ adalah singkatan bahasa Jepang dari ‘Suuji wa dokushin ni kagiru’, artinya angka-angkanya harus tetap tunggal. Sudoku juga dikenal sebagai Number Place atau Nanpure, adalah sejenis teka-teki logika. Tujuannya adalah untuk mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak.

Tak hanya sudoku, permainan lainnya seperti puzzle dan kuis juga bisa membakar sekitar 90 kalori dalam satu jamnya.

Tim Forrester, peneliti dari Cannyminds.com menjelaskan bahwa otak seseorang membutuhkan 0,1 kalori tiap menitnya untuk bisa bekerja dan tetap hidup. “Ketika kita mengerjakan sesuatu yang menantang seperti bermain puzzle atau kuis, maka setiap menitnya akan ada 1,5 kalori yang terbakar. Artinya, jika mengerjakan permainan itu selama 1 jam, sekitar 90 kalori bisa terbakar. Jumlah itu bisa membakar kalori dari makanan-makanan seperti biskuit cokelat (56 kalori), krim (57 kalori), selai (85 kalori) dan makanan lainnya.

Forrester menambahkan, otak tersusun dari miliaran sel saraf yang disebut dengan neuron. Neuron menghasilkan zat kimia yang disebut dengan neurotransmitter yang berfungsi mentransmisi pesan ke seluruh tubuh melalui suatu sinyal.

Untuk menghasilkan neurotransmitter, neuron membutuhkan 3/4 glukosa yang mengandung kalori dan 1/5 oksigen dari darah.

“Ini artinya, jika otak mengerjakan sesuatu yang sulit seperti berpikir, maka dibutuhkan banyak kalori untuk bisa menghasilkan neurotransmitter. Itulah mengapa dengan mengerjakan puzzle atau bermain sudoku, kalori akan banyak terpakai dan terbakar,” jelas Forrester.

Namun menurut British Dietetic Association, berpikir saja tidak akan membuat seseorang lebih kurus karena persentase energi yang digunakan otak dari pembakaran lemak hanyalah sedikit. Otak lebih banyak membakar kalori dari gula, jadi jika ingin membakar lemak, olahraga masih tetap dibutuhkan.

Meski demikian, permainan sudoku saat ini dipercaya bisa membantu tubuh tetap langsing karena pembakaran kalorinya yang cukup lumayan. Jutaan orang saat ini menggunakan sudoku untuk meningkatkan kemampuan matematika dan berlogika. Tapi kini, sudoku tak hanya mengasah otak, tapi juga membakar kalori.

Peneliti mengatakan, diet sudoku ini bisa dijadikan alternatif untuk seseorang yang tidak punya waktu banyak untuk berolahraga atau fitness ke luar. Cukup duduk atau berbaring di atas kasur dan mengerjakan permainan tersebut atau mengunjungi situs-situs permainan otak.

Iklan

~ oleh deeinside pada 21/05/2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: